Minggu, 21 Agustus 2011

pariwisata ketiga (tirta empul)


Salam damai sejahtera untuk kita semuaa…
Kali ini saya akan sedikit memberi anda ilmu asal dari mata air di Tirta Empul.
Anda taw Tirta Empul???


Sedikit ulasan mengenai tempat nan indah ini…Tirta empul merupakan salah satu obyek wisata di bali, tepatnya di Kabupaten Gianyar, Kecamatan Tampaksiring. Lokasinya tepat di sebelah Istana Presiden di Tampak Siring yang dulu dibangun oleh presiden Soekarno. Pura Tirta Empul terkenal karena terdapat sumber air yang hingga kini dijadikan air suci untuk melukat (Siraman Bahasa Indonesianya) oleh masyarakat dari seluruh pelosok Bali, tak jarang wisatawan yang berkunjung pun tertarik untuk ikut melukat (Siraman).


Pura Tirta Empul ini juga merupakan salah satu situs peninggalan sejarah di Bali khususnya Gianyar. Oleh karena itu pula, presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno mendirikan sebuah Istana Presiden tepat di sebelah barat Pura Tirta Empul, Tampak Siring. Para presiden Indonesia yang datang ke Bali biasanya menyempatkan diri singgah ke Istana Presiden Tampak Siring tersebut. Saat ini pura Tirta Empul dan lokasi tempat melukat tersebut merupakan salah satu lokasi wisata unggulan di kabupaten Gianyar.



Nah setelah mengetahui Tirta Empul, kini mari kita bahas sumber air tersebut, diantara anda mungkin sudah tau mengenai danau ini!!

Danau Batur

Danau Batur adalah danau terbesar di Pulau Bali, dari tiga danau lainnya, yaitu: Tamblingan, Bulian (Buyan), dan Beratan. Terletak di Kabupaten Bangli, tepatnya pada 115,29 bujur timur dan 8,28 lintang selatan. Luasnya 6 Km2 merupakan lembah dari Gunung Batur.
Desa-Desa yang ada di sekitar danau, adalah: Songan, Trunyan, Abang, Buahan, Kedisan, dan Toya Bungkah. Danau Batur dan Gunung Batur merupakan satu kesatuan alam dan mitologi yang tidak dapat dipisahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar